Selasa, 14 Juni 2011

deskripsi masalah kesehatan

1.      Deskripsi Masalah Kesehatan.
Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri yang mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi, yang dibawa oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkan.
Kejadian Hipertensi dapat dihitung dengan cara :
Angka prevalensi hipertensi di Indonesia pada usia 50 tahun ke atas atau pada usia lanjut menunjukkan prevalensi tanda penyakit hipertensi sebesar 33,3% dari  81 orang per 243 orang tua usia 50 tahun ke atas. Dari angka prevalensi kejadian penyakit hipertensi pada usia lanjut dapat dihitung dengan rumus :
Jumlah kasus hipertensi yang terjadi
dalam kurun waktu tertentu
 


Jumlah populasi yang beresiko terkena hipertensi dalam kurun waktu tertentu
 
                                                              X 100%
81

 

243
 
     X 100%

= 33,3%
2.      Analisis Faktor Perilaku.
a.       Jenis Perilaku
Jenis perilaku ini dapat dibedakan menjadi 2 macam jenis perilaku diantaranya perilaku terbuka dan perilaku tertutup.
Jenis perilaku terbuka dalam masalah penyakit Hipertensi ini adalah semua tingkah laku yang bisa dilihat dalam mencetuskan masalah penyakit Hipertensi. Contoh perilaku terbuka seperti kebiasaan mengkomsumsi makanan siap saji yang banyak mengandung lemak, kafein, garam, merokok, dan lain-lain. Sedangkan jenis perilaku tertutup dalam masalah penyakit Hipertensi ini adalah respon seseorang terhadap stimulus dalam bentuk terselubung atau reaksi terhadap stimulus masih terbatas pada perhatian, pengetahuan, persepsi, kesadaran dan sikap yang terjadi pada seseorang dan belum dapat diamati secara jelas oleh orang lain. Contoh perilaku tertutup adalah kurangnya pengetahuan seseorang tentang penyakit Hipertensi, dan perubahan gaya hidup dari seseorang.


b.      Teori Perilaku.
Teori perilaku yang digunakan dalam masalah Hipertensi ( tekanan darah tinggi )
Menggunakan teori stimulus organisme ( S-O-R ) adalah respon seseorang terhadap stimulus atau objek yang berkaitan dengan sakitnya. Seseorang penderita masalah Hipertensi akan merubah perilaku, misalnya kebiasaan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam, penderita hipertensi akan mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam.
c.       Teori perubahan perilaku.
Teori perubahan yang digunakan dalam masalah Hipertensi menggunakan teori perubahan perilaku fungsi di mana stimulus yang dapat mengakibatkan perubahan perilaku seseorang apabila stimulus tersebut dapat dimengerti dalam konteks orang itu atau diri sendiri, dari masalah hipertensi di atas anggapan bahwa mengatur pola hidup dan kebiasaan sehari-hari yang baik dan benar akan mengurangi masalah hipertensi.

3.      Analisis factor pelayanan kesehatan.
a.       Batasan pelayanan kesehatan.
Pelayanan kesehatan untuk masalah Hipertensi berupa pelayanan perseorangan dan pelayanan kelompok. Pelayanan perseorangan seperti dokter yaitu upaya penyembuhan dan pemulihan kesehatan penderita hipertensi. Pelayanan kesehatan masyarakat yaitu memberikan penyuluhan kepada masyakat yang beresiko terkena hipertensi.
b.       Batasan sasaran.
Sasaran pelayanan kesehatan untuk mengatasi masalah Hipertensi pada seseorang dan mayarakat dapat berupa individu, keluarga, dan kelompok masyarakat.
c.       System pelayanan kesehatan.
System pelayanan kesehatan terbentuk dari elemen atau bagian yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Apabila salah satu bagian atau sub system tidak berjalan dengan baik, maka akan mempengaruhi bagian yang lain. Secara garis besar elemen-elemen dalam masalah Hipertensi sebagai berikut.
1.      Input : tenaga medis dan obat-obatan
2.      Proses : mengobati penderita hipertensi dalam proses penyembuhan.
3.      Output : penderita sembuh atau tidak sembuh dari masalah hipertensi
4.      Dampak : meningkatnya status kesehatan penderita
5.      Umpan balik : keluhan atau masalah terhadap pelayanan kesehatan terkait masalah hipertensi
6.      Lingkungan : kelompok masyarakat dan tempat tinggal penderita












M. FAIZAN ISMAIL
010701072




Tidak ada komentar:

Posting Komentar